Mengembalikan Hp Android yang hilang.

boxhp

Hari ini kedatangan paket yang ditunggu, isinya hp istri yang seminggu lalu hilang (jatuh di bis) dalam perjalanan ke hsinchu. Alhamdulillah bisa kembali setelah mengalami perjuangan yang menyita waktu, dan juga pikiran 😀. kok bisa kembali? ehm… begini ceritanya

Mengingat reputasi Taiwan terhadap barang hilang, awalnya sempat berharap yang menemukan bisa berbaik hati untuk mengembalikan. Setelah menelpon stasiun bis, dan meninggalkanl nomor kontak, kami pun merasa tenang, toh hp masih bisa dihubungi. ketika sudah balik ke chungli, ternyata hp nya mati, indikasi yang menemukan tidak jujur 😮. hp masih baru, saya masih belum sempat memasang antitheft, dan juga masih enggan untuk me-root, karena masih menunggu update lollipop.
Karena merasa tidak ada harapan, waktu itu kami lakukan hanya melapor pada polisi, dengan tujuan untuk memperoleh nomor baru (butuh surat kehilangan). Istri juga bertanya, apa kontak dan foto2 masih bisa diselamatkan? saya jawab, insya Allah, karena semua data di hp terbackup dengan baik. Esoknya kami sempat survei untuk mencari pengganti (mencari yang lebih murah karena kapok pakai hp mahal) sayang hp yang dicari tidak ada, dan order melalui toko online menjadi pilihan, kamipun menunggu hingga hari senin.
hari senin, sambil cari-cari toko online, saya iseng mengintip backup foto-foto istri, tak disangka, ada foto selfie dari penemunya. hati berdebar-debar, ada harapan hp kembali. saya pun mendownload foto-foto tersebut, dan berencana untuk melaporkan foto tersebut ke polisi. Kemudian setelah saya amati, ternyata yang menemukan adalah orang indonesia, salah satunya menggunakan kaos organisasi indo-taiwan (dalam hati saya bergumam, pantas hpnya ga dikembalikan :o).
saya akhirnya menghubungi senior organisasi tersebut, berharap dibantu mencari orang tersebut. tidak sampai sehari, orang tersebut sudah ditemukan. orangnya pun mengaku salah dan meminta maaf. alhamdulillah, laporan polisi saya cabut, orangnya sudah mengembalikan hpnya lengkap dengan casing (insya Allah saya ganti ongkos kirim dan harga kasingnya). happy ending 😀.
hikmah dari cerita ini jika kehilangan hp :
1. berusaha semaksimal mungkin untuk mengejar kendaraan yang kita tumpangi, karena waktu itu kami menyesal tidak segera mengejar bus tersebut
2. pasang antitheft, dan software lain bisa mempermudah pelacakan hp yang hilang. google menyediakan device manager yang bisa kita gunakan untuk melacak dan mengunci hp yang hilang.
3. perbanyak teman / jaringan, apalagi di negeri orang, karena kita tidak tahu suatu saat mungkin butuh bantuan

Advertisements

2 thoughts on “Mengembalikan Hp Android yang hilang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s